Beranda | Artikel
Syaikh Yusuf Al-Qordowi Menyebut Syaikh Albani Pakar Hadis dan Ulama Senior Zaman Ini
Rabu, 6 Oktober 2021

Bismillahirrahmanirrahim

Ada satu pesan yang dititipkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk umat ini. Yaitu pesan untuk membela kehormatan saudara sesama muslim saat kehormatannya direndahkan. Dalam hadis dari sahabat Abu Darda’, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ رَدَّ عَنْ عِرْضِ أَخيهِ كانَ لَهُ حِجَابًا مِنَ النَّارِ

“Siapa yang membela kehormatan saudaranya, maka dia akan memiliki pelindung dari siksa api neraka.” (HR. Ibnu Asakir. Syaikh Albani menilai sanadnya laa ba’sa bihi, dan memiliki banyak penguat. Lihat Ghoyatul Murom.)

Jika sedemikian penting dan besarnya pahala membela kehormatan saudara sesama muslim, bagaimana jika yang kita bela bukan sembarang orang, namun ulama yang memiliki jasa besar terhadap Islam dan kaum muslimin?! Sungguh membela mereka adalah membela agama. Membela meraka adalah kewajiban bagi kaum muslimin.

Tidak perlu berpanjang lebar, berikut kami kutip ungkapan pujian Syaikh Yusuf Al-Qordowi kepada ahli hadis di zaman ini, Syaikh Muhammad bin Nashirudin Al-Albani rahimahullah. Pujian ini beliau tulis di bukunya yang berjudul “Fi Waa-il ‘Alaam” (Selamat Jalan Wahai para Ulama, pent.):

في 2 أكتوبر 1999م الموافق 22 جُمادى الآخِرة 1420هـ، توفي المحدث الكبير الشيخ محمد ناصر الدين الألباني. ويبدو أن هذه السنة هي سنة رحيل العلماء، علماء الشرع والدين عن هذا العالم، فقد ودعنا فيها عددًا منهم، ابتداء من العلامة الشيخ عبد العزيز بن باز، والشيخ علي الطنطاوي، والشيخ مصطفى الزرقا، والشيخ مناع القطَّان، والشيخ عطية سالم، والشيخ محمد المجذوب،

“Pada tanggal 2 Oktober 1999 bertepatan dengan 22 Jumadal Akhir 1420 H, ahli hadis besar Syaikh Muhammad bin Nashirudin Al-Albani meninggal dunia. Tahun itu, adalah tahun kepergian para ulama, kepergian orang-orang berilmu tentang syariat dan agama Islam dari alam dunia ini. Kami telah menyampaikan ucapan belasungkawa kepada beberapa di antara mereka. Dimulai dari wafatnya Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baaz, Syaikh Ali At-Thonthowi, Syaikh Mushtofa Az-Zarqa, Syaikh Manna’ Al-Qotton, Syaikh ‘Athiyah Salim, dan Syaikh Muhammad Al-Majdzub.

وأخيرًا الشيخ محمد ناصر الدين الألباني، المحدِّث الشهير، صاحب الكتب الحديثية التي شرَّقت وغرَّبت

Kemudian yang terakhir meninggal di tahun itu adalah Syaikh Muhammad bin Nashirudin Al-Albani. Pakar hadis yang masyhur. Penulis kitab-kitab hadis yang telah tersebar di timur dan barat.

كان الشيخ الألباني أحد كبار علماء الحديث في عصرنا، الذين اشتغلوا بتحقيق عدد من كتب الأحاديث وأخرجوها للناس، وألَّف كتبًا شتى،

Syaikh Albani adalah salah satu dari ulama-ulama senior di zaman ini. Beliau telah mendermakan dirinya untuk men-tahqiq sejumlah kitab hadis dan men-takhrij hadis-hadis untuk kaum muslimin.

مثل (سلسلة الأحاديث الصحيحة)، و(سلسلة الأحاديث الضعيفة)، و(صحيح الجامع الصغير وزيادته)، و(ضعيف الجامع الصغير وزيادته)، وكذلك صحيح كتب السنن الأربعة، (صحيح أبي داوود) و(ضعيفه)، و(صحيح الترمذي) و(ضعيفه)، و(صحيح النسائي) و(ضعيفه)، و(صحيح ابن ماجه) و(ضعيفه). و(صحيح الترغيب والترهيب)، وإن كان لم يكمله نشرًا، ولعله عنده مخطوط.

Beliau juga memiliki beberapa karya tulis, seperti:

Silsilah Ahadits As Shohihah
– Silsilah Ahadits Ad-Dho’ifah
– Shohih Al-Jaami’ As-Soghir wa Ziyadatuh

Dan juga Shahih kitab-kitab Sunan:

Shohih An-Nasa-i dan Dho’ifnya
– Shohih At-Tirmidzi dan Dho’ifnya
– Shohih Ibnu Majah dan Dho’ifnya
– Shohih At-Targhib dan At-Tarhib, meskipun versi cetaknya belum sempurna, namun barangkali beliau telah menyempurnakan dalam bentuk manuskrip.

وخدم المذهب الحنبلي بكتابه (إرواء الغليل في تخريج أحاديث منار السبيل)، فقد رأى أن المذهب الحنبلي- وهو مذهب أقرب ما يكون إلى الحديث- ليس فيه كتاب تخريج للأحاديث المذكورة في كتب فقهه، فالحنفية عندهم (نصب الراية لأحاديث الهداية)، والشافعية عندهم (تلخيص الحبير لتخريج حديث شرح الرافعي الكبير)، والمالكية عندهم تخريجات الموطأ، والحنابلة ليس عندهم، فاعتمد أن يخرِّج كتاب (منار السبيل)، وأخرجه في ثمانية أجزاء.
وكذا أخرج (مختصر صحيح مسلم)، و(مشكاة المصابيح)، و(السنة لابن أبي عاصم).. وغيرها من الكتب.

Syaikh Albani juga memiliki andil di dalam literasi Mazhab Hambali melalui kitab karyanya “Irwa-ul Ghalil fi Takhrij Ahaadits Manar As-Sabil” (takhrij untuk hadis-hadis yang ada di kitab Manar As-Sabil; kitab fikih penting dalam Mazhab Hambali, pent.).

Beliau memandang bahwa Mazhab Hambali adalah mazhab yang paling dekat dengan hadis. Namun belum memiliki kitab takhrij untuk hadis-hadis yang ada pada kitab-kitab fikihnya.

Kalau di Mazhab Hanafi sudah ada “Nashbur Royah Li Ahadits Al-Hidayah”.

Madzhab Syafi’i punya “Talkhis Al-Habir Li Takhrij Hadits Syarah Ar-Rofi’i Al-Kabir”.

Madzhab Maliki juga punya kitab-kitab takhrij untuk kitab Al-Muwatto’.

Hal inilah yang mendorong Syaikh Albani memilih kitab “Manar As-Sabil” untuk ditakhrij hadis-hadisnya, lalu menjadi karya tulis setebal delapan jilid.

Beliau juga men-takhrij kitab Mukhtasor Shohih Muslim, Misykatul Mashobih, dan As-Sunnah karya Ibnu Abi Ashim, dan kitab-kitab lainnya.”

(Selesai kutipan)

Baca Juga:

****

Penulis: Ahmad Anshori, Lc.

Artikel : Muslim.or.id

🔍 Pengertian Doa, Cara Agar Khusyu Dalam Sholat, Rezeki Allah Yang Ngatur, Investasi Halal Menurut Islam, Pengertian Zakat Mal Dan Nisabnya


Artikel asli: https://muslim.or.id/69322-syaikh-yusuf-al-qordowi-menyebut-syaikh-albani-pakar-hadis-dan-ulama-senior-zaman-ini.html